Tujuan Melakukan Ziarah Kubur ke Pemakaman

Tujuan Melakukan Ziarah Kubur ke Pemakaman

Pemakaman merupakan salah satu tempat yang dapat dikunjungi oleh peziarah untuk melakukan ziarah kubur. Seperti yang kita ketahui, ziarah kubur sangat umum dilakukan guna menyambangi rumah para penghuni kubur dan mengantarkan doa kepada manusia-manusia yang telah meninggal tersebut. Meskipun berdoa dapat dilakukan di mana saja, berdoa langsung di atas pusara orang yang telah meninggal terasa lebih tepat karena kita berada dekat dengan orang yang akan kita doakan. Selama berdoa, kita dapat memanjatkan doa untuk keselamatan orang yang meninggal tersebut dan meminta ampunan dosa akan dosa yang pernah dilakukan orang yang meninggal tersebut selama berada di dunia. Sama halnya dengan kegiatan yang lainnya, ketika melakukan ziarah kubur ada doa khusus yang harus kita panjatkan karena masuk ke dalam tat acara melakukan ziarah kubur.

Tujuan Ziarah Kubur yang Dapat Kita Ketahui

Dalam melakukan zaiarah kubur, tentunya kita melakukannya dengan tujuan tertentu. Selain mendoakan orang-orang yang telah meninggal tersebut, kita dapat meminta pengampunan dosa dan keringanan siksaan yang akan dialami oleh orang yang telah meninggal tersebut. Jika kita memperhatikan banyaknya peziarah yang masuk ke linkvazi pemakaman Al Azhar Karawang linkvazi, kita dapat melihat bahwa tujuan mereka melakukan ziarah relative sama. Mereka akan berdoa kepada Allah SWT untuk kebaikan bagi orang-orang yang mereka kasihi. Selain tujuan dari ziarah kubur, kita juga dapat memetik maksud dari melakukan ziarah kubur tersebut, seperti:

  • Doa yang dipanjatkan oleh manusia yang masih hidup untuk orang-orang mati memiliki dampak yang cukup besar.
  • Di dalam melakukan ziarah, tidak ada hari khusus. Peziarah dapat melakukan ziarah pada waktu, hari dan jam yang mereka inginkan. Tidak ada hari khusus seperti hari Jumat dan hari Idul Fitri sebagai hari paling baik dalam melakukan ziarah kubur.
  • Para peziarah yang berdoa untuk pengampunan orang-orang yang meninggal sebaiknya dilakukan pada posisi berdiri. Posisi berdiri lebih baik dilakukan daripada posisi duduk.
  • Ziarah kubur dilakukan untuk mendoakan mereka yang telah meninggal. Hikmah untuk orang yang masih hidup adalah mengingatkan kepada mereka akan kematian yang dapat datang kepada diri mereka sendiri.
  • Melakukan ziarah kubur sangat penting untuk dilakukan. Selain mengunjungi orang-orang yang telah meninggal, ziarah dapat dilakukan denga memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk mendapatkan keselamatan dari siksa di dalam kubur dan keselamatan atas azab yang akan dilalui oleh orang-orang yang telah meninggal tersebut.
  • Peziarah akan mengetahui bahwa kematian merupakan hal pasti yang akan dialami oleh manusia yang masih hidup.
  • Kita akan disadarkan bahwa setiap mukmin adalah seorang muslim tetapi seorang muslim belum tentu seorang mukmin.
  • Manusia yang telah meninggal dikenal sebagai ahlud diyar atau penduduk negeri.
  • Kita dianjurkan untuk melafalkan doa meskipun hanya melewati area pemakaman.

Doa-Doa yang Dibaca Ketika Ziarah Kubur

Dalam melakukan ziarah kubur, membaca doa merupakan hal lumrah yang dapat dilakukan. Doa yang dipanjatkan merupakan doa-doa yang mampu memberikan keringanan siksaan dan azab yang mungkin dialami oleh orang-orang yang telah meninggal. Kesemua doa tersebut dimulai ketika para peziarah baru pertama kali memasuki area pemakaman. Mereka harus memberi salam terlebih dahulu ketika masuk ke dalam pemakaman sebelum membaca doa lainnya. Doa ziarah dapat dilengkapi dengan suratan yang lainnya seperti Yasin dan Al Baqarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *