Panduan Menanam Kacang Hijau dengan Benar

Panduan Menanam Kacang Hijau dengan Benar

Kacang hijau kaya akan nutrisi. Tak heran bila banyak masyarakat Indonesia suka dengan tanaman satu ini. kacang hijau sangat cocok untuk dibuat kolak, bubur, es, dan jenis makanan lain. Kacang hijau biasa disajikan untuk acara-acara tertentu, tetapi juga sering dibuat di rumah. Pasar kacang hijau di Indonesia tergolong sangat baik. Jenis tanaman ini masih banyak diminati oleh masyarakat sehingga menanam kacang hijau akan banyak mendatangkan keuntungan. Selain itu tanaman kacang hijau juga tidak repot. Jenis tanaman ini bisa ditanam di sawah yang bekas digunakan menanam padi. Sehingga tidak perlu banyak persiapan jika ingin menanam. Petani bisa bergilir antara menanam padi dan kacang hijau. Menanam kacang hijau secara garis besar sama seperti menanam tanaman lainnya yang perlu disemai, di tanam, dirawat, baru kemudian dipanen. Namun tentunya butuh perhatian ekstra di setiap langkahnya agar tidak terjadi gagal panen.

Menanam Kacang Hijau di Lahan Sawah

Menanam kacang hijau jika dilakukan di sawah sebaiknya menggunakan lahan yang selesai digunakan untuk menanam padi. Sehingga tidak terlalu repot mempersiapkan lahan jika ingin menanam kacang hijau. berikut ini adalah langkah-langkah menanam tanaman kacang hijau dengan benar.

  1. Menyiapkan lahan

Berbeda dengan tanaman pada umumnya untuk menanam kacang hijau yang terlebih dulu dilakukan adalah menyiapkan lahan. Karena penyemaian kacang hijau bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Jadi sebaiknya terlebih dahulu menyiapkan lahan. Pertama yakni mencangkul tanah atau bisa juga dengan dibajak. Selanjutnya yakni memberikan pupuk kandang dan diamkan tanah hingga 1 minggu lamanya. Langkah berikutnya yakni dengan membuat bedengan dengan tinggi 50 cm dan lebar 1 m. antar bedengan diberikan jarak 2m. Selanjutnya yakni membuat lubang tanam dengan melubangi tanah yang jaraknya 20×20 cm minimal. Gunakan tugal untuk membuat 3 lubang dalam satu tempat. Hal ini penting yang mana dua lubang lainnya untuk memasukkan pupuk.

  1. Menyemai kacang hijau

Untuk menyemai kacang hijau sangat mudah yakni dengan membasahi benih kemudian dikeringkan selama 4 jam. Jika kecambah sudah muncul maka benih bisa ditanam. Penanaman kacang hijau mudah yakni dengan memasukkannya di sala satu lubang sementara dua lubang lainnya diisi pupuk. Kemudian ketiga lubang ditutup dengan tanah tipis-tipis.

  1. Merawat kacang hijau

Langkah selanjutnya untuk membuat tanaman kacang hijau tumbuh yakni dengan merawatnya. Caranya dengan menyiram tanaman sehari sekali, mengganti benih yang tidak tumbuh dengan benih baru, menyingkirkan hama, memupuk. Pemupukan dilakukan saat tanaman sudah berbunga yakni 1 bulan setelah ditanam. Dosisnya yakni pupuk urea sebanyak 50 kg untuk 1 hektar. Masukkan pupuk di lubang khusus pupuk lalu tutup kembali dengan tanah.

  1. Memanen kacang hijau

Kacang hijau bisa dipanen dengan jarak 60 hingga 80 hari dari masa tanam. Citi tumbuhan yang siap dipanen yakni polong yang mongering dan juga gampang pecah.

Menanam Kacang Hijau Untuk Variasi Panen

Jika bosan dengan panen padi setiap tahunnya bisa divariasikan dengan menanam kacang hijau. tanaman ini tidak sulit untuk di tanam dan juga cocok ditanam bergantian dengan tanag bekas menanam padi. Menanam kacang hijau juga banyak manfaatnya yakni untuk memberikan variasi panen. Jika ingin menanam tanaman ini bisa mengikuti cara diatas atau lebih lengkapnya menjadi member NASA. NASA memberikan solusi bagi petani yang takut gagal panen karena banyak tips-tips seputar pertanian disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *