Contoh Jenis Hewan Ovovivipar Yang Harus Kamu Ketahui

Contoh Jenis Hewan Ovovivipar Yang Harus Kamu Ketahui

Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini sudah pasti memiliki proses berkembang biak. Hal ini sudah pasti ada karena tanpa proses berkembang biak maka makhluk hidup akan punah dari dunia ini tanpa adanya penerus dari jenis mkhluk hidup tersebut. Dalam pelajaran biologi mungkin anda sudah mengenal tentang cara perkembang biakan hewan. Ada tiga jenis perkembang biakan hewan. Ada yang dengan cara melahirkan alias vivipar, ada yang bertelur alias ovipar, dan ada juga yang denagn cara keduanya yakni bertellur dan melahirkan. Dan hewan yang memiliki dua cara berkembang biak ini biasa disebut ovovivipar. Nah tahukah anda apa saja hewan ovovivipar yang hidup di sekitar kita? Dalam artikel ini kita akan belajar bersama mengenai hewan jenis ovovivipar ini.

4 Hewan Ovovivipar Yang Ada Di Sekitar Kita

Ada banyak jenis hewan ovovivipar yang hidup di sekitar kita. Ada masa dimana hewan tersebut akan berkembang biak dengan cara melahirkan dan ada pula masa dimana hewan tersebut harus berkembang biak dengan cara bertelur. Lantas tahukah apa saja hewan yang termasuk golongan ovovivipar ini? jika belum tahu maka anda patut menyimak beberapa contoh hewan golongan ovovivipar yang ada di bawah ini beserta penjelasannya :

  1. Ikan hiu. Banyak dari jenis ikan merupakan jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Namun siapa sangka bahwa ikan hiu ternyata merupakan hewan yang bisa bertelur dan bisa melahirkan. Pada prosesnya saat mengandung, ikan hiu mengandung telur-telurnya di dalam perutnya. Semua telur tersebut tidak lantas dikeluarkan dan ditunggu masa menetasnya. Akan tetapi ikan hiu akan terus mengandung telur tersebut hingga embrionya berkembang sampai waktu yang sudah diperhitungkan. Saat embrio sudah tumbuh berkembang maka ikan hiu akan mengeluarkannya dengan jalan melahirkannya.
  2. Hewan yang sejenis dengan kadal ini (lihat: hewan-hewan reptile) merupakan hewan bisa anda temukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Nah sama halnya dengan jenis ikan ovovivipar, hewan ini juga prosesnya dengan mengandung telur yang berisi embrio hingga embrio tumbuh berkembang dalam masa yang diperhitungkan. Setelah berkembang dalam telur maka embrio akan dilahirkan.
  3. Hewan ini memang banyak dikenal sebagai hewan dengan perkembang biakan ovipar. Namun dikarenakan keadaan alam di berbagai wilayah tempat habitatnya maka bunglon ini bisa juga berkembang biak dengan ovovivipar.
  4. Kuda laut. Dalam proses berkembang biaknya, ternyata kuda laut yang berjenis jantanlah yang akan mengandung. Sangat unik bukan? Dalam hal ini kuda laut jantan adalah jenis yang memiliki kantung yang disediakan untuk pembuahan telur. Sehingga mulai dari proses mengandung hingga melahirkan akan dilakukan oleh jenis kuda laut yang jantan.
  5. Ikan pari. Ikan pari ini memiliki proses yang sama dengan proses berkembang biaknya ikan hiu di atas.

Contoh di atas hanyalah sebagian dari hewan golongan ovovivipar yang tersebar di dunia ini. Sebenarnya masih ada banyak sekali jenis hewan ovovivipar yang bisa kita temui yang hidup di sekitar kita. Semua hewan ovovivipar tersebut memiliki proses yang sama saat mengandung telur dan melahirkan embrionya ke dunia ini. hanya saja yang membedakan adalah masa saat kehamilan hingga jumlah anak yang dapat dihasilkan dari setiap jenis hewan golongan ovovivipar yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *